Ada kesalahan di dalam gadget ini
RSS

Twitter

Twitter
@lailarosita

My Friends

It's Me..:)

Foto Saya
Alhamdulillah sekarang sedang ditakdirkan Allah SWT menjadi mahasiswi jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Semoga sukses dan berkah dalam meraih gelar Sarjana Aamiin

Cara Mencari Gagasan Utama dalam Paragraf

GAGASAN UTAMA

jangan ketipu teman, gagasan utama itu banyak nama lainnya!
  1. gagasan utama
  2. gagasan pokok
  3. pikiran utama
  4. pikiran pokok
  5. ide utama
  6. ide pokok
  7. kalimat utama (kalo ini beda loh ya! BEDA)

nama lainnya cuma dari nomor 1-6 (satu sampai enam) ya!! tadi nomer 7 cuman bercanda! 
yah oke, nomer 1-6 arti dan maksudnya sama! yaitu Gagasan Utama

Gagasan utama : inti paragraf / ide dasar dari paragraf/ kalimat topik/ hal yang penting dalam paragraf ( kalimat boleh dirubah, harus sudah sangat efektif!)
kalo kalimat utama beda lagi artinya, sekedar tau aja ya, kalimat utama itu kalimat umum dalam suatu paragraf, yang masih bisa di jelasin lagi. 
biarpun sama-sama suatu kalimat, perbedaannya sama gagasan utama yaitu kalimat utama : Kalimatnya sama persis!

dah ya langsung ke....
Tips-tips Cara Mencari Gagasan Utama
ternyata pokok dari postan saya yang panjang ini hanyalah 3 nomor yang sangat singkat...
  1. baca awal dan akhir kalimat 
  2. tentukan mana yang paling umum (kalimat utamanya)
  3. cari kata yang sering muncul
inget ya teman2, gagasan utama itu adalah kalimat utama yang kata-katanya boleh diganti! jadi kalo misalnya lagi ngerjain soal pg trus dipilihannya adanya kalimat yang dirubah dikit, mungkin aja itu bener. asalkan maksud kalimat tersebut gak berubah loh ya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Rifki Azz mengatakan...

thx kk sangat membantu :D

Riyan Fikri mengatakan...

terimah kasih mbak infonya ...
infonya sangat bermutu....

Laila Rosita mengatakan...

sama2

dias gaul mengatakan...

ok

Poskan Komentar